Mata
Kuliah : Perencanaan
dan Desain Pembelajaran Bahasa Arab
Dosen Pembina : H. Hasan Baharun, M. Pd
Bobot SKS :
3 SKS
Jurusan :
Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Kompetensi Lulusan :
Menjadi guru bahasa Arab yang professional, trampil
menyusun dan mengembangkan course design
pembelajaran bahasa Arab di MTs/SMP dan
MA/SMA
1.
Konsep
dasar tentang perencanaan dan desain pembelajaran Bahasa Arab
a.
Pengertian
b.
Manfaat
dan tujuan
c.
Dimensi
perencanaan
d.
Dasar-dasar
desain pembelajaran Bahasa Arab
2.
Landasan-landasan
perencanaan dan desain pembelajaran Bahasa Arab
a.
Landasan
Filosofis
b.
Landasan
Sosial Budaya
c.
Landasan
Psikologis
d.
Landasan
IPTEK
3.
Teori
Belajar dan Gaya Belajar Siswa
a.
Teori
dan gaya belajar siswa
b.
Teori-teori
Motivasi dan Prestasi belajar
4.
Pengembangan
Silabus dan Bahan Ajar Bahasa Arab
a.
Pengertian
b.
Tujuan
dan Manfaat
c.
Prinsip
pengembagan silabus dan bahan ajar
d.
Langkah-langkah
pengembangan silabus dan bahan ajar
5.
Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM)
6.
Pendekatan
dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Arab
a.
Pendekatan
Konstruktivistik dan Behaviouristik
b.
Pendekatan
cooperative learning
c.
Pendekatan
contextual teaching and learning
d.
Pendekatan
PAKEM
e.
Pendekatan
Mastery learning
f.
Pendekatan
pembelajaran quantum
7.
Konsep
tentang model desain pembelajaran
a.
Model Dick
and carey
b.
Model ASSURE
c.
Model Jerold
E Kemp
d.
Model
Smith and Ragan
e.
Model
ADDIE
f.
Model
Front end system design
8.
Metode pembelajaran
Bahasa Arab
9.
Model
pembelajaran inovatif kreatif dalam
pengembangan pembelajaran Bahasa Arab
Picture and picture, Example and example, mind
mapping, jigsaw, role playing, make a match, snowball throwing, Number head together,
think phair and share, dll
10.
Pengembangan
Media Pembelajaran Bahasa Arab
11.
Evaluasi
(assessment) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab
12.
Perangkat
pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Arab
BUKU BACAAN
Ø Muhaimin, Paradigma
Pendidikan Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Ø
-------------,
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, PT Raja Grafindo Persada,
Jakarta
Ø
-------------,
Rekonstruksi Pendidikan Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Ø
-------------,
Nuansa Baru Pendidikan Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Ø
Abdul
Hamid dkk, Pembelajaran Bahasa Arab : Pendekatan, Metode, Strategi …., UIN
Press, Malang
Ø
Sugeng
Listyio Prabowo, Perencanaan Pembelajaran, UIN Press, Malang
Ø
Trianto,
Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana, Jakarta
Ø
Oemar
Hamalik, Perencanaan pengajaran, Bumi Aksara, Jakarta
Ø
Kelvin
Seifert, Manajemen dan Instruksi Pendidikan, Ircisod, Yogyakarta
Ø Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa
Arab, Humaniora, Bandung
Ø Aminuddin Rasyad, Teori Belajar dan
Pembelajaran, UHAMKA Press, Jakarta
Ø W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, Grasindo,
Jakarta
Ø Hobri, Model-model Pembelajaran Inovatif, Pena
Salsabila, Jember
Ø Zaenal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, PT
Remaja Rosdakarya, Bandung
Ø
Arief S.
Sadiman, Media Pendidikan, PT
Raja Grafindo Persada, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar