Salam Ta'aruf

Allah telah membuktikan firmannya :
"Qul Hal Yastawilladzina Ya'lamuna wal Ladzina la Ya'lamuun"....
ayat tersebut merupakan anjuran kepada manusia agar supaya kita menjadikan ILMU sebagai sesuatu yang paling berharga dan tameng dalam hidupnya.
dengan Ilmu manusia bisa menggapai segala-galanya, dengan ilmu manusia bisa meraih apa yang dicita-citakannya, dengan ilmu manusia mampu menerobos angkasa, dan masih banyak lagi.
Allah menjamin dengan Jaminan yang Pasti, bahwanya terdapat perbedaan yang sangat besar antara orang yang berilmu dan tidak berilmu, baik dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya. begitu juga dalam menghadapi dan menyelesaikan sebuah permasalahan. orang berilmu menggunakan ilmu sebagai paradigma atau "pisau analisnya" melalui akal yang diberikanNya, sedangkan orang yang tidak berilmu mengambil cara pintas, dengan tanpa menganilasa sebab dan akibat yang akan ditimbulkannya.
Subhanallah, ternyata mahligai Ilmu dapat diraih dengan tafakkur, tadabbur, sehingga membawa manusia kepada kebahagian lahir dan batin yang menjadi idaman setiap manusia yang hidup di muka bumi ini.
Ingin bahagia lahir batin, dan dunia akhirat... dapatkan...carilah Ilmu....
Ingat.... Ilmu Allah sangat luas

SATUAN ACARA PERKUALIAH

SATUAN ACARA PERKUALIAHAN


Mata Kuliah                          : Perencanaan dan Desain Pembelajaran Bahasa Arab
Dosen Pembina                     : H. Hasan Baharun, M. Pd
Bobot SKS                             : 3 SKS
Jurusan                                  : Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Kompetensi Lulusan                        : Menjadi guru bahasa Arab yang professional, trampil
  menyusun dan mengembangkan course design
  pembelajaran bahasa Arab di MTs/SMP dan MA/SMA


1.        Konsep dasar tentang perencanaan dan desain pembelajaran Bahasa Arab
a.      Pengertian
b.      Manfaat dan tujuan
c.      Dimensi perencanaan
d.      Dasar-dasar desain pembelajaran Bahasa Arab
2.        Landasan-landasan perencanaan dan desain pembelajaran Bahasa Arab
a.      Landasan Filosofis
b.      Landasan Sosial Budaya
c.      Landasan Psikologis
d.      Landasan IPTEK
3.        Teori Belajar dan Gaya Belajar Siswa
a.      Teori dan gaya belajar siswa
b.      Teori-teori Motivasi dan Prestasi belajar
4.        Pengembangan Silabus dan Bahan Ajar Bahasa Arab
a.      Pengertian
b.      Tujuan dan Manfaat
c.      Prinsip pengembagan silabus dan bahan ajar
d.      Langkah-langkah pengembangan silabus dan bahan ajar
5.        Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
6.        Pendekatan dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Arab
a.      Pendekatan Konstruktivistik dan Behaviouristik
b.      Pendekatan cooperative learning
c.      Pendekatan contextual teaching and learning
d.      Pendekatan PAKEM
e.      Pendekatan  Mastery learning
f.       Pendekatan pembelajaran quantum
7.        Konsep tentang model desain pembelajaran
a.      Model Dick and carey
b.      Model ASSURE
c.      Model Jerold E Kemp
d.      Model Smith and Ragan
e.      Model ADDIE
f.       Model Front end system design
8.        Metode pembelajaran Bahasa Arab
9.        Model pembelajaran inovatif  kreatif dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Arab
Picture and picture, Example and example, mind mapping, jigsaw, role playing, make a match, snowball throwing, Number head together, think phair and share, dll
10.   Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab
11.   Evaluasi (assessment) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab
12.   Perangkat pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Arab


BUKU BACAAN

Ø   Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Ø   -------------, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Ø   -------------, Rekonstruksi Pendidikan Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Ø   -------------, Nuansa Baru Pendidikan Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Ø   Abdul Hamid dkk, Pembelajaran Bahasa Arab : Pendekatan, Metode, Strategi …., UIN Press, Malang
Ø   Sugeng Listyio Prabowo, Perencanaan Pembelajaran, UIN Press, Malang
Ø   Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana, Jakarta
Ø   Oemar Hamalik, Perencanaan pengajaran, Bumi Aksara, Jakarta
Ø   Kelvin Seifert, Manajemen dan Instruksi Pendidikan, Ircisod, Yogyakarta
Ø   Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Humaniora, Bandung
Ø   Aminuddin Rasyad, Teori Belajar dan Pembelajaran, UHAMKA Press, Jakarta
Ø   W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, Grasindo, Jakarta
Ø   Hobri, Model-model Pembelajaran Inovatif, Pena Salsabila, Jember
Ø   Zaenal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Ø   Arief S. Sadiman, Media Pendidikan,  PT Raja Grafindo Persada, Jakarta


Tidak ada komentar:

My Family

My Family
Kunjungan Dosen Native Speaker dari Sudan

My Duty

My Duty
Pelatihan Model Pembelajaran