RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA. Darul Lughah Wal Karomah
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Mata pelajaran : Aqidah Akhlak
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
Standar Kompetensi:
1. Memahami ilmu kalam
Kompetensi Dasar
1.3. Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah
Indikator :
· Menjelaskan latar belakang ilmu kalam
· Menjelaskan masalah-masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam
· Menyebutkan tokoh-tokoh dan sikapnya kalam dalam mempertahankan aqidah
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan menjelaskan latar belakang ilmu kalam
2. Menjelaskan masalah-masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam
3. Mencari solusi alternative dalam mengatasi masalah-masalah yang diperdebatkan dalam ilmu kalam
4. Menyebutkan nama-nama tokoh dalam ilmu kalam
5. Menjelaskan hasil pemikiran dari beberapa masing tokoh dalam ilmu kalam
6. Mempraktekkan nilai-nilai yang diajarkan oleh tokoh-tokoh dalam ilmu kalam
B. Materi Pembelajaran :
Penerapan ilmu kalam dalam mempertahankan aqidah
C. Strategi Pembelajaran
1. Model : Paikemi, CTL, Cooperative Learning
2. Metode : Ceramah; Tanya Jawab, Resitasi, Brainstorming;
D. Langkah Pembelajaran :
1. Pendahuluan
1. Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
2. Guru mengajak siswa untuk mereview materi pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya
3. Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang latar belakang lahirnya ilmu kalam
2. Guru menjelaskan tentang masalah-masalah pokok yang diperdebatkan dalam ilmu kalam
3. Guru menjelaskan tentang solusi alternative dalam mengatasi masalah-masalah yang diperdebatkan dalam ilmu kalam
4. Menyebutkan nama-nama tokoh dalam ilmu kalam dan hasil pemikirannya dalam ilmu kalam
5. Guru menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran-ajaran tokoh ilmu kalam
3. Penutup
1. Guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah disampaikan
2. Refleksi, Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktekkan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran tokoh-tokoh ilmu kalam
E. Sumber Belajar :
1. Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
2. LKS Aqidah Akhlak
3. Harun Nasution, 1985, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta : UI Press.
4. T. M. Hasbi As-Shiddiqy, 1970, Al-Islam I, Jakarta, Bulan Bintang
5. Internet
F. Media / Alat Pembelajaran
1. Kertas
2. Spidol
3. Laptop
4. LCD Projector
G. Penilaian :
Penilaian Proses
Penilaian yang diperoleh dari hasil pengamatan kepada siswa, dilihat dari aktifitas dan keterlibatannya selama proses pembelajaran berlangsung.
Petunjuk:
Berikan penilaian dengan menuliskan angka 1-5 pada setiap aspek penilaian,untuk mengukur sikap positif siswa.
1 = Sangat tidak positif
2 = Kurang positif
3 = Cukup positif
4 = Positif
5 = Sangat positif
Mengubah skor menjadi nilai siswa:
Nilai :
Misal:
Kriteria Nilai :
90 – 100 = Sangat baik
75 – 89 = Baik
65 – 74 = Cukup
50 – 64 = Kurang
20 – 49 = Sangat Kurang
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Jml Skor | Nilai | |||
Respon | Disiplin/aktifitas siswa | Kerja Sama | kesediaan mengerjakan tugas | ||||
01 | Nur Afifah | 70 | 85 | 65 | 85 | 305 | 76 |
02 | | | | | | | |
03 | | | | | | | |
Kraksaan, 22 Juli 2009
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah
DJAMA’UDDIN, S. Pd H. HASAN BAHARUN, M. Pd